06 Aug 2021
Tarakan

Wali Kota Tarakan Sambut Baik Rencana Pengembalian Aset | Tarakan TV

Wali Kota Tarakan Sambut Baik Rencana Pengembalian Aset | Tarakan TV

Keterangan Gambar : Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang bersama Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes. Foto: Tarakan TV

TARAKAN - Rencana pengembalian Aset daerah, pelabuhan Tengkayu I dan Tengkayu II oleh Pemrov Kaltara kepada Pemkot Tarakan disambut baik Wali Kota Tarakan, dr. Khairul, M.Kes.

Walikota sangat mengapresiasi tindak lanjut dari Gubernur Kalimantan Utara yang telah meminta proses percepatan penyerahan aset sebagai realisasi janji kampanye pada Pilkada 2020 lalu.

"Kita apreasiasi dan menghargai tindak lanjut dari Pak Gubernur Kaltara Zainal Arifin Paliwang yang sudah meminta proses percepatan penyerahan Pelabuhan,” Ucap Khairul saat dimintai keterangan, di Gedung Serbaguna Pemkot Tarakan, Kamis (18/02).

Sebelum melakukan proses penyerahan aset, Pemprov Kaltara bersama pemerintah kota Tarakan akan membahas sejumlah poin termasuk dana bagi hasil yang akan dituangkan dalam MOU nanti.

Sistem pembagian hasil PAD antara Pemkot dan Pemprov, Khairul menjelaskan sudah sering terjadi. Misalnya bagi hasil Migas, kemudian bagi hasil pajak kendaraan dan pengelolaan aset lainnya.

“Contoh bagi hasil pengelolaan pajak kendaraan biasanya kabupaten atau kota 70 persen dan provinsi 30 persen. Untuk penyerahan ini kita lihat nanti masing-masing seperti apa,” Kata Khairul.

Khairul menegaskan, saat ini ia belum bisa berbicara banyak. Pihak nya masih sementara menunggu draf dari Pemprov Kaltara. Draf tersebut nantinya akan dilakukan pembahasan bersama antara Pemprov dan Pemkot.

Khairul membeberkan, potensi pendapatan dari sektor Pelabuhan Tengkayu cukup besar. Jika dikelola dengan baik, tentu pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pelabuhan bisa jauh lebih besar.

“Dulu saja dikelola bisa mencapai Rp5 miliar, apalagi sekarang jika dikelola dengan baik bisa lebih dari itu. Banyak potensi di sana yang bisa dikelola, seperti parkir dan lainnya. Jadi tidak hanya arus penumpang dan barang saja,” Pungkasnya.

Seperti diinformasikan sebelumnya, saat kedatangan perdana Gubernur Kaltara, Drs.H. Zainal Arifin Paliwang, SH., M.Hum di Tarakan pasca dilantik pada Rabu, (17/02/2021). Gubernur menjelaskan, Pemprov akan menggelar pembahasan penyerahan aset pelabuhan Tengkayu 1 dan 2 kepada Pemkot Tarakan.

Kirim Komentar