Ujian Sekolah di KTT Uji Keterampilan Abad 21

By Rengga Prayudo 04 Mei 2021, 11:27:58 WIB KTT
Ujian Sekolah di KTT Uji Keterampilan Abad 21

Keterangan Gambar : Pelaksanakan ujian berupa proyek untuk pelajaran bahasa Indonesia, IPA, SBdP, dan Matematika.( Foto : Diskominfo Tanatidung)


Tanatidung - Mengikuti ujian sekolah menjadi salah satu syarat siswa dinyatakan lulus dari satuan pendidikan, baik jenjang SD maupun SMP. Pelaksanaannya tidak hanya berupa tes tertulis, tetapi juga dapat berupa portofolio, penugasan, dan kegiatan penilaian dalam bentuk lain yang ditetapkan sekolah.
"Pembelajaran di Tana Tidung difokuskan pada kompetensi literasi, numerasi, dan karakter untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaborasi, dan komunikasi siswa atau dikenal keterampilan abad 21. Ujian sekolah menjadi bagian untuk mengasah dan menguji keterampilan tersebut" kata Kepala Dinas Pendidikan, Jafar Sidik, pada Rabu, 3 Mei 2021.
Pada praktiknya, ujian sekolah di Tana Tidung dilaksanakan menyesuaikan kompetensi dasar yang dipilih sekolah untuk diujikan pada setiap mata pelajaran. Seperti di SD Negeri Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung yang menggunakan tes tertulis dan proyek.
"Hari ini (3/5) kami laksanakan ujian berupa proyek untuk pelajaran bahasa Indonesia, IPA, SBdP, dan Matematika. Siswa membuat masker yang estetis untuk mencegah penularan covid-19, menghitung biaya yang dibutuhkan, dan menulis teks prosedur tentang cara pembuatannya. Hasilnya dipaparkan di sekolah yang dihadiri pengawas, kepala sekolah, guru, dan orang tua siswa" jelas Kepala Sekolah Terpadu Unggulan 2 Tana Tidung, Zulfiansyah, M.Pd.
Lain halnya dengan SMP Negeri 2 Tana Tidung. Sekolah yang berada di desa Bandan Bikis tersebut menguji kemampuan siswanya menggunakan teknologi dengan ujian tulis berbasis komputer. Soal yang diujikan mengukur keterampilan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah.
"Kami menggunakan aplikasi ujian yang dikembangkan Pak Wardi (guru SMP Negeri Terpadu Unggulan 1 Tana Tidung) dalam pelaksanaan ujian ini. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar" kata Novi, guru di sekolah tersebut. (Sumber : Diskominfo Tanatidung)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment