20 Apr 2021
Tarakan

Perumahan Viola Konsisten Jalankan Program Walikota, Rumah Murah Tanpa DP

Perumahan Viola Konsisten Jalankan Program Walikota, Rumah Murah Tanpa DP

Keterangan Gambar : Adyansa SM, Manager Operasional PT BAJA. (Foto : Spesial)

TARAKAN – PT Berkah Adam Jasa Abadi atau PT BAJA, selaku pengembang perumahan GRIYA VIOAL ASRI, masih konsisten menjalankan program pemerintah tarakan,  untuk menyediakan rumah murah  terjangkau untuk masyarakat yang berpemnghasilan rendah / pembangunan perumahan DP nol rupiah (Rp 0) sebagai upaya memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkeinginan memiliki rumah sendiri. Hal itu sejalan dengan program Walikota Tarakan saat ini.

Diakui pihak pengembang lebih dari 100 unit rumah DP nol rupiah telah dibangun di Tarakan. Peminat perumahan ini pun cukup tinggi.

“Program ini membantu masyarakat yang berpenghasilan rendah mau punya rumah tanpa membayar DP dan admin,” jelas Adyansa SM, Manager Operasional PT BAJA, Selasa (6/4).

Menurutnya, perumahan yang diberi nama Viola Asri untuk di wilayah Juata Permai akan dibangun 283 unit, telah dibangun 100 unit lebih dan telah berpenghuni 90an rumah.

“Kami siapkan ada 2 tempat, banyak itu di Juata Permai sekitar 283 yang terisi 90an, yang sudah jadi 100an. Dalam 2 tahun ini tetap jalan pembangunan walaupun pandemi,” jelasnya.

Sejumlah fasilitas pendukung tiap rumah DP nol rupiah telah siapkan PT BAJA seperti air, listrik dan  lainnya. “Fasilitas sudah jalan semua, sarana prasarana sudah aman,” imbuhnya.

Aswar, Manager Konstruksi PT BAJA menambahkan, progres perumahan di Viola Asri Resident, target yang dibangun 83 unit. Telah jadi 39 unit dan 8 unit diantaranya telah dihuni oleh pembeli.

“Runmah di resident 1, satu sampai dua bulan tuntas ada 83 unit, sudah jadi 39 unit, sudah terisi ada 8 unit oleh pemiliknya tipe 36,” jelasnya.

“2 bulan ke depan target kita selesai semua, akad kredit 20an masuk program MBR program pemerintah. Kalau di Juata program pak Wali DP Rp 0, target kita sebanyak-banyaknya. Kami kerjasama dengan pak Wali, kita Sama-sama gerakkan,” ucapnya.

Aswar memastikan kualitas perumahan yang PT BAJA kembangkan di atas kualitas perumahan subsidi. “Karena kualitas kita pakai batu bata, pada umumnya siap rehab tapi perumahan kami siap huni, harga standar ke Kaltim-Kaltara Rp 164 juta untuk rumah subsidi,” timpalnya.

Angsuran untuk perumahan ini jika kredit 20 tahun nilai angsuran sekitar Rp 1 jutaan, jangka 15 tahun Rp 1,2 jutaan dan untuk masa 10 tahun angsuran Rp 1,6 jutaan.

Seorang konsumen Andi Wulan mengaku sangat suka dengan rumah DP nol rupiah. Selain harga terjangkau, kualitas rumah dinilai cukup bagus.

“Rumahnya bagus, mantap, rehab tergantung kita saja, saya suka rumah disini. Tidak ada masalah dengan cicilan Rp 1 juta (tiap bulannya),” ungkapnya.

Penghuni lainnya, Eri Santoso mengatakan, sejak 2020 ia dan keluarganya telah menempati perumahan tersebut. Nilai angsuran tiap bulan selama 18 tahun sekitar Rp 1.070.000.

“Flat aja pembayarannya. Kalau kondisi rumah kuat, bagus, tanah keras, fasilitas nya sudah dilengkapi pihak pengembang, rumahnya siap huni, kita ganti cat di dalam sesuai selera dan minta ijin ke pengembang dan itu disetujui khusus dalam rumah saja,” terangnya.(*)

Kirim Komentar