24 Jun 2024
Tarakan

Pertamina EP Tarakan Field Komitmen Merawat Keanekaragaman Hayati

Pertamina EP Tarakan Field Komitmen Merawat Keanekaragaman Hayati

Keterangan Gambar : Foto Spesial

TARAKAN - Selain Launching Ekowisata Gunung Selatan juga dilakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program Kehati yang merupakan turunan teknis dari Kesepakatan Bersama yang telah ditandatangani sebelumnya oleh Gubernur Kaltara dan General Manager kami di Tanjung Selor pada 20 Mei 2023 lalu. (Bersamaan dg agenda Peluncuran BBI BBWI Kaltara).

Dikatakan Field Manager PT Pertamina EP Field Tarakan, Isrianto Kurniawan kepada awak media pada Kamis (25/5/23), mengatakan bahwa selama ini kegiatan rutin tidak hanya  program corporate social responsibility (CSR) dalam pemberdayaan masyarakat tapi lebih kepada ada posisi keanekaragaman hayati. 

Tidak hanya penandatanganan Kesepakatan Bersama dan Perjanjian Kerja Sama, hari ini kami lakukan juga penanaman pohon tarap (endemik) dan agathis (langka) bersama para tamu undangan yang hadir sebagai Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Sedunia yang jatuh pada 22 Mei 2023 lalu.

“Adanya kegiatan penanaman pohon endemik dan langka juga sebagai sebuah simbol telah dimulainya kerja sama program terkait Keanekaragaman Hayati di Hutan Lindung Tarakan antara Pertamina EP Tarakan Field dan Kesatuan Pengelolaan Hutan Tarakan,”bebernya.

Pihak Tarakan field berharap semoga kerja sama (5 tahun) ini dapat berjalan lancar dan memberikan kebermanfaatan baik untuk kelestarian dan perlindungan hutan lindung hingga masyarakat sejalan dengan komitmen kami dalam pelestarian Keanekaragaman Hayati di Kota Tarakan.

Selain itu, daerah tersebut juga sebagai tangkapan air, mengingat Tarakan merupakan pulau kecil, bisa dibilang keberadaan sungai di Tarakan sangat jarang dan sering kering saat tidak ada hujan. Apabila hutan lindung tidak dilestarikan dan dilindungi, sungai pun akan mongering. Dengan adanya program ini diharapkan volume air mengalir di sungai-sungai kecil di Tarakan dapat bertambah sedikit demi sedikit.

"Jadi kewajiban kita, kami selaku perusahaan untuk bisa memberdayakan keanekaragaman hayati dalam lingkungan sekitar. Salah satunya hutan lindung bagaimana kita jaga hutan lindung, harapannya nanti bisa untuk anak cucu kita,  ungkap Isrianto Kurniawan usai kegiatan PKS bersama Dishut Provinsi Kaltara. Kalau tahun lalu salah satu contohnya peran kita  dalam menjaga keanekaragaman hayati seperti bekantan serta menjaga anggrek hitam di Kalimantan," papar Isrianto. 

Ia melanjutkan, Pertamina memiliki banyak sumbangsih ikut berpartisipasi dalam menjaga keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan sekitar. 

"Itu menjadi kewajiban kami. Salah satunya hari ini wujud CSR yakni budidaya madu kelulut. Tapi ini kan awal mulanya, baru tanda tangan, istilahnya baru melakukan kesepakatan jadi nanti kita akan merombaklah lebih eye catching, lebih menarik sehingga lebih menarik, karena bisa dilihat safety-nya mungkin tidak aman bagi anak-anak, saya survei perlu perubahan secara infrastruktur," jelasnya.

Infrastruktur dimaksud salah satunya akses jalan sehingga setiap pengunjung bisa nyaman, dan diharapkan bisa teredukasi lewat ekowisata yang ada saat ini. 

Tempat objek wisata bisa menaikkan perekonomian Tarakan dan Kaltara. Ia melanjutkan, salah satu agar tempat tersebut menarik pengunjung adalah harus bisa dibuat instagramable di spot-spot yang ada.

"Diharapkan Ekowisata Gunung Selatan ini bisa jadi objek wisata yang bisa menyemarakkan dan menjadi digemari masyarakat Tarakan. Yang kita tahu ada di Persemaian, mungkin di sini jadi alternatif lain," tutupnya. (*)

Kirim Komentar