27 Nov 2021
KTT

Peringati Hari Guru Nasional, Tana Tidung Apresiasi Inovasi Guru PAUD

Peringati Hari Guru Nasional, Tana Tidung Apresiasi Inovasi Guru PAUD

Keterangan Gambar : Sumber : Sekretariat Daerah KTT

Tana Tidung - Pembinaan Guru TK/Pendidik KB/TPA/SPS mutlak untuk selalu ditingkatkan kualitasnya. Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung diantaranya dengan memberikan penghargaan dan perlindungan bagi Kepala sekolah dan guru PAUD.
Salah satu bentuk penghargaan yang dilakukan adalah menyelenggarakan apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan, khususnya untuk guru dan tenaga kependidikan PAUD. Kegiatan penghargaan ditujukan untuk mewujudkan peningkatan kompetensi Kepala sekolah dan guru PAUD dalam melakukan proses pembelajaran dalam masa pandemi Covid-19 yang inovatif dalam mengatasi learning loss.
Selama masa pandemi Covid-19, beraneka ragam strategi dan teknik pembelajaran telah dilakukan Kepala sekolah dan guru PAUD untuk mengatasi learning loss. Diantara model pembelajaran yang telah dilatih Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tana Tidung ialah Pembelajaran Berbasis Proyek berbasis STEAM menggunakan media loose part.
“Berbagai kreativitas dan inovasi guru kembangkan dalam mengimplementasikan model pembelajaran tersebut dalam proses pembelajaran tatap muka terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Kreativitas dan inovasi tersebut patut mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Tidung dan menjadi praktik
terbaik
yang bisa diimplementasikan dan didesiminasikan kepada guru TK/Pendidik KB/TPA/SPS lainnya.” kata Sekretaris Daerah, Said Agil, S.T., M.T. saat membuka kegiatan Apresiasi GTK PAUD Inovatif dan Gebyar PAUD di Gedung Serba Guna SMP/SMA Terpadu Tana Tidung pada Selasa (23/11/2021).
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Jafar Sidik, mengatakan bahwa apresisi guru dan tenaga kependidikan PAUD Inovatif dilakukan melalui beberapa tahapan penilaian. Dimulai dari penilaian naskah untuk mendapatkan 20 peserta yang akan melaksanakan praktik pembelajaran berbasis inovatif. Lima peserta terbaik akan melanjutkan tahapan wawancara. Setelah itu diperoleh tiga pemenang untuk kategori guru dan kepala PAUD.
“Pemenang mendapatkan hadiah dengan total puluhan juta rupiah dan kami juga mengusulkan tahun depan mengikuti studi inovasi pada PAUD Berkualitas di daerah lainnya. Seperti di pulau Jawa” tambah Jafar Sidik.
Kegiatan tersebut mendapat apresiasi dari Bunda PAUD KTT. Melalui Ketua Pokja Bunda PAUD, Neneng Said Agil, Ia mengatakan bahwa guru dan tenaga kependidikan PAUD merupakan ujung tombak pelaksanaan pendidikan. Kepadanya generasi emas ini dititipkan untuk dididik menjadi sumber daya manusia yang berkualitas sebagaimana menjadi misi Bupati dan Wakil Bupati.
“Jalan terjal dilalui para guru kita dalam melaksanakan tugas mulia ini. Mulai dari kompetensi guru yang dituntut untuk terus ditingkatkan sesuai kemajuan zaman, kesejahteraan guru honorer yang belum memadai, hingga perlindungan dalam menjalankan tugas yang belum terjamin. Di momen ini, saya mengajak kita semua untuk memberikan dukungan secara optimal kepada guru-guru kita. Mari kita wujudkan PAUD Berkualitas di Tana Tidung” pesan Bunda PAUD.

Sumber : Sekretariat Daerah KTT

Kirim Komentar