27 Nov 2021
Nunukan

Mari Datang ke Wisata Gerbang Satria, Destinasi Cross Border Tourism Kaltara

Mari Datang ke Wisata Gerbang Satria, Destinasi Cross Border Tourism Kaltara

Keterangan Gambar : Salah satu paket wisata jelajah sungai dengan perahu karet, di Lokasi Wisata Gerbang Satria Desa Sumantipal. (Suiman Namrullah/Tarakan Tv)

NUNUKAN, tarakantv.co.id - Wisata Gerbang Satria di Desa Sumantipal, Kecamatan Lumbis Pansiangan, Kabupaten Nunukan, kini sedang gencar dipromosikan pemerintah sebagai Cross Border Tourism Kalimantan Utara. Destinasi wisata ini baru saja diresmikan oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang.

Wilayah Kaltara masuk pada 8 Destinasi Cross Border Tourism unggulan Indonesia, dalam strategi menarik Wisatawan Mancanegara serta pengembangan Kabupaten yang berada di daerah perbatasan Indonesia.

Wisata Gerbang Satria ditempuh dengan longboat melalu jalur sungai sebagai satu-satunya akses transportasi. Durasi perjalanan dari Desa Mansalong menuju Desa Sumantipal ditempuh selama 3,5 jam perjalanan. Desa Mansalong yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Nunukan, dijangkau melalui akses transportasi darat dari Kabupaten Malinau.

Perjalanan panjang menuju Wisata Gerbang Satria di Desa Sumantipal, ditemani suguhan pemandangan hutan tebing sungai yang belum terjamah. Dari sini adrenaline pengunjung mulai terpacu. Sebab jalur transportasi air menuju Desa Sumantipal dilewati dengan melawan arus sungai yang cukup deras.

Panorama alam Kalimantan Utara tak berhenti memanjakan mata di sepanjang perjalanan menyusuri derasnya arus sungai. Suasana asri dan hijaunya hutan Kaltara dijamin mampu memuaskan dahaga bagi anda yang hobi traveling, terlebih untuk pengunjung yang belum pernah melihat secara langsung kondisi rimbunnya hutan Kalimantan Utara.

Selain akses dari Kabupaten Malinau, lokasi Wisata Gerbang Satria juga nantinya dapat ditempuh melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Labang yang kini sedang dikerjakan proses pembangunannya. Jalur yang ditempuh adalah Kota Kinabalu – Keningau, Nabawan – Salung/Pagaluang – Lumbis Pansiangan.

Pilihan paket yang ditawarkan jika berkunjung di Wisata Gerbang Satria juga beragam, mulai dari permainan arung jeram, perahu karet hingga jet ski. Anda tak perlu khawatir, seluruh peralatan di Wisata Gerbang Satria sudah tersedia lengkap. Termasuk peralatan penunjang kemanan wisatawan seperti life jacket.

Keterangan : Memacu adrenalin dengan jet ski di tengah arus sungai Desa Sumantipal.

Akomodasi pendukung bagi wisatawan yang berkunjung di Wisata Gerbang Satria Desa Sumantipal juga sudah tersedia, yakni homestay untuk tempat menginap. Harganya cukup terjangkau, mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 500 ribu sesuai dengan tipe kamar.

Bagi anda yang belum pernah mencoba paket wisata di destinasi cross border tourism, Wisata Gerbang Satria di Desa Sumantipal patut jadi pilihan alternatif lokasi berlibur bersama kerabat dan keluarga.

 

Reporter: Suiman Namrullah

Editor: Arif Rusman

Kirim Komentar