24 Jun 2024
KTT

Gubernur Buka Secara Resmi MTQ IX Kaltara di Tana Tidung

Gubernur Buka Secara Resmi MTQ IX Kaltara di Tana Tidung

Tideng Pale - Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) IX Tingkat Provinsi Kalimantan Utara berlangsung meriah. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Yusuf Abdullah, Senin (10/6/24) malam.

Hadir dalam pembukaan tersebut Gubernur Kaltara DR. (H.C). H. Zainal A. Paliwang, SH., M.Hum.,  Wakil Gubernur Dr. Yansen TP, M.Si., Sekretaris Daerah (Sekda) Kaltara Dr. H. Suriansyah, M.AP., Bupati Tana Tidung Beserta Istri, Bupati Bulungan Beserta wakilnya, Wakil Bupati Malinau serta seluruh Unsur Forkopimda Provinsi Kaltara dan Kabupaten Tana Tidung. 

Total peserta MTQ IX Tingkat Provinsi Kaltara berjumlah ratusan kafilah. Kegiatan MTQ tingkat provinsi Kaltara di KTT digelar mulai tanggal 11 hingga 14 Juni 2024.

Kegiatan MTQ IX dibuka secara resmi oleh Gubernur Kalimantan Utara, Zainal Arifin Paliwang. Acara diawali dengan defile ratusan peserta dari kafilah 5 Kabupaten/Kota. Terdapat kafilah dari MTQ Mualaf yang juga dihelat secara bersamaan pada MTQ IX tingkat Provinsi Kaltara di KTT 

Setelah defile, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang dilantunkan oleh Qori Internasional H. Darwin Hasibuan, S.Pd.i asal Sumatera Utara. Lantunan ayat suci nan indah memukau seluruh tamu undangan serta audience yang hadir pada malam pembukaan.

Gubernur Kaltara dalam sambutannya mengucapkan apresiasi serta dukungan atas terselenggaranya MTQ IX Kaltara, serta berharap dalam pelaksanaannya dapat berjalan dengan lancar dan memberi keberkahan bagi semuanya.

“Kita ketahui bersama, Al-Quran merupakan sumber pengetahuan yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang mengajarkan tentang mana yang benar dan mana yang salah, baik dan buruk,” ucap Zainal dalam sambutannya.

Menurutnya, MTQ memiliki posisi vital dalam membangun rangka spiritual akhlak. Oleh karena itu melalui MTQ ini menjadi kesempatan untuk merefleksi, berzikir serta bertafakur dalam membangun akhlak dan peradaban.

Sementara itu, Bupati Tana Tidung Ibrahim Ali yang menjadi Ketua Panitia penyelenggara  menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada Kabupaten Tana Tidung sebagai tuan rumah pelaksanaan MTQ Tingkat Provinsi Kaltara tahun ini.

“Kami berkomitmen menyambut dan memberikan pelayanan terbaik kepada peserta MTQ dari berbagai daerah. Dan diharapkan dapat memberikan kenangan yang terbaik dalam pelaksanaan MTQ ini,” katanya.

Ia berharap dalam pelaksanaan MTQ IX dapat berjalan lancar dan sukses sehingga menghasilkan Juara Umum pada MTQ kali ini. MTQ tahun ini mengambil tema Mengukir Prestasi Dalam Bingkai Persatuan Menuju Kalimantan Utara yang Bermartabat, Maju dan Sejahtera.  

"Tentu kita semua berharap agar kegiatan MTQ ini Dapat berjalan dengan lancar serta memberikan nampak Positif bagi masyarakat Kabupaten Tana Tidung", Ungkapnya. 

Malam pembukaan MTQ IX ditutup oleh penampilan Fatin Shidqia, yang membawakan lagu hits di hadapan ribuan warga yang hadir. Kegiatan malam pembukaan pun sukses dilaksanakan sesuai dengan rencana yang telah disusun oleh panitia penyelenggara. (*)

Kirim Komentar