20 Apr 2021
KTT

Canangkan Integrasi Layanan, Disdukcapil KTT dan KUA Tana Lia Lakukan Penjejakan Kerjasama

Canangkan Integrasi Layanan, Disdukcapil KTT dan KUA Tana Lia Lakukan Penjejakan Kerjasama

Keterangan Gambar : Kepala Kantor Urusan Agama Kec. Tana Lia, Abdul Malik (kiri) saat menerima kunjungan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung (Foto : Diskominfo Tanatidung)

Tana Lia - Dalam rangka menghadirkan kemudahan layanan kepada masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung hari ini, Rabu (24/02) melakukan kunjungan dan silaturahmi ke Kantor Urusan Agama Kecamatan Tana Lia dalam rangka penjejakan kerjasama integrasi layanan kependudukan.

Dengan adanya integrasi layanan yang dilakukan antara Disdukcapil KTT dan KUA Kecamatan Tana Lia, maka hal tersebut akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan kependudukan. Dalam hal ini, masyarakat yang melangsungkan pernikahan di bawah pengawasan KUA Kec. Tana Lia selain mendapatkan buku nikah sebagai bukti autentik atas pernikahan yang dilakukan juga akan mendapatkan 5 (lima) dokumen kependudukan, yakni Kartu Keluarga Orang Tua Suami, Kartu Keluarga Orang Tua Istri, Kartu Kelurga dan Kartu Tanda Penduduk Suami-Istri.

Menurut Bapak Yusran selaku bagian inovasi layanan Disdukcapil KTT, selama ini masyarakat yang telah melangsungkan pernikahan terkadang tidak langsung melakukan perubahan dan update data ke Capil sehingga hal tersebut berdampak kepada data kependudukan kita.

Banyak masyarakat yang kita jumpai telah menikah tapi status di KTP masih belum menikah. Lanjutnya.Bak pribahasa, “gayung bersambut, kata berjawab”, Kepala KUA Kec. Tana Lia pun menyambut baik dan mengapresiasi rencana kerjasama integrasi layanan yang akan dilakukan.

Pada prinsipnya, kami sangat menyambut baik dan mendukung rencana inovasi layanan yang akan dilakukan. Kata Bapak Abdul Malik. Dengan adanya kerjasama yang akan dilakukan, tentu akan memberikan manfaat yang besar bukan hanya ke KUA dan Disdukcapil tapi yang paling utama adalah masyarakat, karena mendapatkan kemudahan. Lanjutnya.

Apalagi di Tana Lia ini, secara geografis kita berada jauh dari pusat Ibu Kota Kabupaten. Maka melalui kerjasama ini, masyarakat tidak perlu lagi ke Disdukcapil untuk mengurus data kependudukan yang baru setelah menikah. Tambahnya.

Selain itu, Abdul Malik pun berharap dengan adanya kerjasama ini akan mengurangi dan menekan potensi nikah siri yang ada di Tana Lia, karena dengan mencatatkan pernikahan ke KUA maka masyarakat tidak perlu lagi bersusah payah ke Capil mengurus dokumen kependudukannya. Seluruh dokumen kependudukan hasil perubahan bisa langsung didapatkan setelah menikah.

Agar kerjasama ini berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama, Kepala KUA Tana Lia secara khusus menugaskan jajarannya dalam hal ini Penghulu yang ada di KUA Tana Lia, Syahrul Afandi untuk melakukan koordinasi lebih lanjut dengan pihak Disdukcapil KTT guna membahas teknis rencana kerjasama tersebut untuk selanjutnya dituangkan ke dalam naskah perjanjian kerjasama antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Tana Tidung dengan Kantor Urusan Agama Kecamatan Tana Lia.(Sumber : Diskominfo Tanatidung)

Kirim Komentar